cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Kreatif
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 17, No 2 (2014)" : 10 Documents clear
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MIND MAPPING DALAM MATA KULIAH FISIOLOGI HEWAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TADULAKO Tureni, Dewi
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.86 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Fisiologi Hewan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini mengikuti model penelitian secara bersiklus. Model penelitian ini mengacu pada modifikasi diagram yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Wibawa, 2004). Seperti yang terlihat pada gambar 1, setiap siklus dilakukan beberapa tahap, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2013 sampai Januari 2014, di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tadulako. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi semester 6 yang mengampuh mata kuliah Fisiologi Hewan. Jumlah mahasiswa 50 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah :Data kualitatif yaitu data hasil observasi aktivitas mahasiswa dan dosen, dan Data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes belajar mahasiswa untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep mahasiswa. Hasil pengolahan data observasi dosen dan mahasiswa, diperoleh persentase nilai rata-rata (NR) pada siklus I untuk observasi dosen 75%, dan observasi mahasiswa 65%, hal ini dikategorikan dalam kategori Baik. Sedangkan pada siklus II untuk observasi dosen 87,5%, dan observasi mahasiswa 90%, hal ini dikategorikan dalam kategori Sangat Baik. persentase ketuntasan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 72,3% dan 75%. Hal ini mengalami peningkatan pada siklus II masing-masing menjadi 80,2% dan 92%. Oleh karena itu dapat disimpulkan Penerapan pendekatan Saintifik berbasis mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisiologi hewan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tadulako Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Mind mapping
PEMANFAATAN CITRA ASTER DIGITAL UNTUK ESTIMASI DAN PEMETAAN EROSI TANAH DI DAERAH ALIRAN SUNGAI OYO Arsy, Risma Fadhilla
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1316.759 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian di Daerah Aliran Sungai Oyo ini bertujuan mengesktrak parameter lereng dari DEM dan transformasi indeks vegetasi pada citra ASTER. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji tingkat efisiensi data dari teknik transformasi indeks vegetasi antara NDVI dengan TSAVI berdasarkanverifikasi model erosi (E). Metode penelitian menggunakan verifikasi model erosi dengan mengekstrak parameter lereng (S) diperoleh dari kombinasi antara saluran 3N dengan 3B yang secara stereoskopik dapat menghasilkan DEM, nilai eksponensial erosi maksimum dan minimum pada lereng 30° (E30) dari data sekunder BPDAS Departemen Kehutanan dan pengolahan algoritma dari transformasi indeks vegetasi dengan teknik penisbahan dan pengurangan citra antara saluran merah dan inframerah dekat untuk NDVI maupun TSAVI, serta nilai konversi 30° dalam tangen (S30). Hasil penelitian diperoleh besar laju erosi rata-rata mm/tahun untuk transformasi NDVI masing-masing sub DAS adalah terendah di sub DAS Prambutan sebesar (5,24 mm/tahun) seluas (10.410,1 Ha) atau sekitar (0,05%), dan tertinggi adalah di sub DAS Juwet sebesar (15,78 mm/tahun) seluas (3.425,7 Ha) atau sekitar (0,46%).  Sedangkan untuk transformasi TSAVI/menunjukkan laju erosi terendah di sub DAS Oyo Tengah sebesar (3,38 mm/tahun) seluas (8.312,7 Ha) atau sekitar (0,04%) dan tertinggi di sub DAS Juwet sebesar (15,27 mm/tahun) seluas (3.425,7 Ha) atau sekitar (0,44%).  Uji ketelitian berdasarkan persamaan Root-Mean-Square Difference untuk model erosi (E) menggunakan transformasi NDVI adalah 0,10 atau tingkat ketelitiannya lebih tinggi dibandingkan dengan transformasi TSAVI sebesar 0,12. Kesimpulan penelitian adalah citra ASTER dapat dimanfaatkan untuk ekstraksi parameter lereng dan transformasi indeks vegetasi (NDVI atau TSAVI) berdasarkan verifikasi model erosi (E). Lereng terdiri dari 5 kelas mulai dari datar hingga sangat curam (<17,7° - >88°).  Sedangkan klasifikasi indeks vegetasi sesuai dengan kelas kerapatan kanopinya dibagi ke dalam 5 kelas mulai dari semak hingga kerapatan tinggi (<10% - >70%). Untuk transformasi NDVI di Daerah Aliran Sungai Oyo diperoleh nilai minimum (-0,54) hingga maksimum (0,49) dan untuk TSA VI adalah (-0,60) hingga (0,48).   Kata kunci: Citra   ASTER, Ekstraksi  DEM, NDVI dan TSAVI, Verifikasi  Model Erosi Tanah (E).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 19 PALU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN LKS PADA PEMBELAJARAN MELUKIS SUDUT-SUDUT ISTIMEWA Paloloang, Baharuddin
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.456 KB)

Abstract

Abstrak : Permasalahan pokok dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMPN 19 Palu pada materi pokok sudut dan garis, yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas VII tahun 2012 dengan nilai rata-rata 56,73 untuk materi pokok sudut dan garis. Dari analisis tes harian, diperoleh informasi bahwa hampir semua siswa tidak dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan melukis sudut-sudut istimewa.  Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah disebabkan karena siswa cepat lupa pada materi tersebut, sehingga pada pertemuan berikutnya siswa tidak memahami lagi padahal sebelumnya, siswa sudah memahami materinya. Untuk itu, peneliti mencoba untuk menerapkan model pembelajaran langsung dengan menggunakan LKS dalam mengajarkan melukis sudut-sudut istimewa menggunakan jangka dan mistar. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan bagaimana model pembelajaran langsung menggunakan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 19 Palu pada pembelajaran melukis sudut-sudut istimewa. Untuk menjawab permasalahan di atas, dilakukan penelitian tindakan kelas yang rancangan penelitiannya mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada melukis sudut-sudut istimewa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan LKS.  Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang tuntas dan daya serap klasikal siswa. Pada tes awal terdapat 13 siswa yang tuntas dengan rerata nilai siswa 59,06. Pada saat tes akhir siklus I terdapat 17 siswa yang tuntas dengan rerata nilai siswa 70,34. Sedangkan pada saat tes akhir siklus 2 terdapat 26 siswa yang tuntas dengan rerata nilai siswa 80,31. Dari hasil observasi, dapat diketahui bahwa adanya aktivitas siswa yang baik dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran baik pada saat pelaksanaan siklus I maupun pada saat pelaksanaan siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 19 Palu dengan lebih memperhatikan membimbing pelatihan dan demonstrasi pengetahuan dan keterampilan serta kelengkapan siswa untuk melukis sudut-sudut istimewa yaitu jangka dan mistar. Kata kunci : Pembelajaran Langsung, hasil belajar, sudut istimewa.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MAKNA NARRATIVE TEXT DENGAN FOCUS PADA VOCABULARY MASTERY MELALUI PENERAPAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE MODEL Lumuan, Muhammad Haeril
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.511 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujun untuk menemukan perkembangan kemampuan siswa dalam memahami narrative teks dengan memfocuskan pada penguasaan kosakata yang dikuasai oleh siswa dengan penerapan Inside-outside circle technik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Kelas X Cut Nyak Dien pada SMAN 1 Peling Tengah. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa Cut Nyak Dien yang berjumlah  24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari test menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang cukup berarti dari siklus pertama dan kedua, peningkatan hasil belajar adalah dari  84 % pada siklus satu, dan 96 % pada siklus dua. Selanjutnya hasil dari cheklist siswa menunjukan hal yang sama yaitu terdapat peningkatan keaktifan dan kerjasama yang sangat signifikant pada setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik ini bisa meningkatan motivasi belajar dan hasil siswa pada Kelas X Cut Nyak Dien pada pelajaran bahasa Inggris pada SMAN 1 Peling Tengah. Kata Kunci : Peningkatan, Narrative Teks, Kosakata, Inside-Outside Circle.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I ,, Anggraini; Sugita, Gandung
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.558 KB)

Abstract

Abstrak : Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu apakah penguasaan mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah struktur Aljabar I dapat ditingkatkan dengan melaksanakan pembelajaran berbantuan tutor sebaya?. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pembelajaran berbantuan tutor sebaya , yakni: Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah Struktur Aljabar I dapat ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran berbantuan tutor sebaya. Peningkatan tersebut ditandai dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang lulus pada siklus I dan II. Kata Kunci: Tutor Sebaya, Penguasaan mahasiswa, Struktur Aljabar I
KARAKTERISTIK TAKSONOMI PERILAKU PELAJAR MUATAN TUJUAN KHUSUS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM SMU (Studi Reliabilitas Pengkodean Model OLE HOLSTI) Tandiayuk, Marinus Barra’
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.679 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian Ex Post Facto ini memiliki sasaran pengklasifikasian rumusan taksonomi pebelajar dan penguasaan materi matematika melalui evaluasi dan analisis isi yang dilaksanakan pada tujuh SMUN Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Tujuan penelitian untuk mengetahui perimbangan prosentase distribusi indikator-indikator taksonomi perilaku pebelajar dan penguasaan materi matematika serta  mengetahui taraf reliabilitas pengkodean pebelajar matematika SMAN Kota Palu. Unit analisis adalah tujuan khusus pembelajaran (TKP) matematika kelas I, II, dan III seabanyak 684 buah dan dikode oleh 21 orang pembelajar. Populasi targetnya adalah jumlah keseluruhan unit analisis sebagai populasi surveinya, sampel penelitian adalah pembelajar matematika pada tujuh SMUN yang diambil tiga orang tiap SMU melalui sampling. Data dianalisis melalui teknik prosentase untuk taksonomi dan penguasaan materi serta analisis reabilitas OLE HOLSTI untuk taraf ketepatan pengkodean TKP. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa: (1) prosentase keseimbangan indikator-indikator rumusan taksonomi perilaku pebelajar dan penguasaan materi, distribusinya tidak proporsional, (2) tingkat realiabilitas pembelajar didalam ketepatan mengklasifikasikan indikator-indikator taksonomi dan penguasaan materi kategori rendah dan (3) kemampuan pembelajar matematika SMUN Kota Palu mengklasifikasi secara benar terhadap ranah-ranah dan kontruk isi pembelajaran matematika tergolong kategori rendah dan hanya sebagian kecil saja yang berkemampuan baik (tinggi).   Kata Kunci : Taksonomi, Matematika, OLE HOLSTI
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN PERHITUNGAN UNTUNG ATAU RUGI DALAM PERDAGANGAN DENGAN MENGGUNAKAN PERSENTASE MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KELAS VII A MTS ALKHAIRAAT PUSAT PALU ,, Aspar
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.352 KB)

Abstract

Abstract : The study is classroom action research. It aims at improving students’ ability in comleting/finising provit and loss calculation in trade by using percentage through assignment/task method (metode pemberian tugas).  The subjeck of the study is student of VII A of MTs Alkhairaat Pusat Palu. The problem of the study is the lack of students’ ability in completing/finising provit and loss calculation using percentage and its Application. Alternative   of  the problem used in the study is by appling assignment study method. Based on the observation done during the study, it indicates that there is improvement of the students’ ability in completing/finising provit and loss calculation in trade ranging from first and second cycle. Before the cycle implemented (preliminary study), it was found out that the students’ mastery learning  was 20%  or 6 students, that there were 80 % of the students or 24 students. Who did not gain the mastery learning and that  the students’ classical absorption was 52,5%.  The result obtained in the first cycle was that the students’ mastery learning was 36,67%  or 11 students’ that  there were 63,33% of the student or 27 students who did not achieve the mastery learning, and that the students classical absorption was 65,56%. While in the second cycle, it was found out that, the students’ mastery learning was 90% of the students (36 students), that there were 10% of the students (4 students) who did not gain the mastery learning, and that the students classical absorption was 87,17%. This the final result of the study it could be concluded that there wen students’ improvement dealing with their classical absorption in comleting/finising provit and loss calculation, that was 26,60%. Keyword : Method of assignment, Mastery Learning, Classical absorption
PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN (HUMAN VALUES) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR ,, Sukayasa; Awuy, Evie
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.722 KB)

Abstract

Abstrak : Nilai-Nilai Kemanusiaan (Human Values) terdiri dari Kebenaran, Kebajikan, Kedamaian, Kasih Sayang dan Tanpa Kekerasan merupakan nilai-nilai yang relevan dengan nilai-nilai karakter bangsa. Nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan dalam pembelajaran baik secara implisit terkandung dalam bahan ajar, maupun terintegrasi dalam aktivitas pembelajaran. Nilai-Nilai Kemanusiaan yang terintegrasi dalam bahan ajar dapat berupa soal atau cerita dari suatu matapelajaran atau kelompok matapelajaran yang dikemas dalam pembelajaran tematik. Sedangkan pengintegrasian Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam aktivitas pembelajaran dapat berupa permainan atau aktivitas pembelajaran lain yang sarat mengandung Nilai-Nilai Kemanusiaan atau nilai-nilai karakter bangsa yang diajarkan di Sekolah Dasar. Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang cukup prospektif untuk mengintegrasikan Nilai-Nilai Kemanusiaan baik terintegrasi melalui bahan ajar maupun dirancang dalam kegiatan proses pembelajarannya.   Kata Kunci : Nilai-Nilai Kemanusiaan, karakter, pembelajaran tematik, siswa dan Sekolah Dasar.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI HUBUNGAN GARIS DAN SUDUT MELALUI PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING Hamid, Abdul
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.207 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa kelas VII B SMP Negeri 19 Palu pada materi hubungan garis dan sudut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan serta dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan yang mengacu pada model Miles dan Huberman Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan pemahaman siswa pada materi hubungan garis dan sudut  di kelas VIIB SMP Negeri 19 Palu.   Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Pemahaman, Hubungan Garis dan Sudut
KEMAMPUAN MENGELOLA STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG SKRIPSI ANGKATAN 2009 PROGRAM STUDI PG PAUD Zuama, Hj. Shofiyanti Nur
Kreatif Vol 17, No 2 (2014)
Publisher : Kreatif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.863 KB)

Abstract

Abstrak : Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu apa sumber masalah stres akademik yang dialami mahasiswa? dan apa upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengelola stres akademik? Sedangkan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber masalah stres akademik yang dialami dan upaya yang dilakukan dalam mengelola stres akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan data, yaitu pertama sumber masalah stres akademik yang dialami responden penelitian cukup beragam. Secara fisik, tiap responden mengalami semua reaksi stres yang umum terjadi, seperti berkeringat, mudah lelah, gugup, gelisah, takut, khawatir, sangat sensitif atau peka, dan sebagainya. Secara psikis, tiap responden pun mengalami berbagai perubahan emosi dan perilaku terhadap tekanan maupun konflik yang terjadi selama proses penyusunan proposal hingga skripsi. Kedua, upaya yang dilakukan oleh responden penelitian dalam mengelola stres akademik cukup variatif dan membuat responden penelitian memiliki beragam alternatif dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya. Selain itu, dukungan dan kepercayaan keluarga maupun sahabat yang begitu besar merupakan energi positif bagi para responden penelitian sehingga mampu mengelola stres akademik yang begitu berat dirasakan selama proses penyusunan dari proposal penelitian, seminar hasil hingga skripsi.   Kata Kunci : Stres Akademik, Mahasiswa yang Skripsi

Page 1 of 1 | Total Record : 10